Monday, September 23, 2024

Spirit Perjuangan Generasi Muda Bagi Gereja dan Tanah Air

 Spirit Perjuangan Generasi Muda Bagi Gereja dan Tanah Air


Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palangka Raya "Sanctus Dionisius" menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB I) dengan tema "Menumbuhkan Spirit Perjuangan Generasi Muda."

Pembukaan Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serba Guna Tjilik Riwut pada Kamis, 19/09/2024 yang dihadiri oleh Anggota Penyatu, Dewan Pendamping, Anggota Biasa serta Pastor Mederator.


Ketua Panitia, Alponsus Nuno Mario dalam laporanya menyampaikan bahwa peserta MPAB I berjumlah 40 peserta. Semua peserta berasal dari berbagai universitas atau perguruan tinggi yang berbeda di Kota Palangka Raya, tidak lupa ketua pelaksana mengucapkan limpah terima kasih kepada para senior, Donatur dan panitia pelaksana dalam mensukseskan kegiatan ini. Ketua Panitia MPAB I Alponsus Nuno Mario mengatakan, agar peserta bisa semangat mengikuti kegiatan dan bisa menjadi anggota biasa di tahap berikutnya. 
"Semangat dalam mengikuti kegiatan MPAB I, tetap tumbuhkan spirit perjuangan sesuai dengan tema yang diangkat, jadilah generasi muda yang tangguh bukan generasi muda yang rapuh," kata Alponsus.


Matius Valentino Jehatut selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Palangka Raya dalam sambutan menyampaikan kegiatan MPAB adalah kederisasi tingkat pertama, yang telah diatur dalam silabus pendidikan PMKRI, dalam tema yang diangkat yaitu “Spirit Perjuangan Generasi Muda” yang sering dikaitkan dengan Generasi Gen Z atau Generasi Stroberi. Ia berharap tema yang diangkat dalam kegiatan MPAB I ini menjadi generasi muda yang tangguh dan dapat terlibat dalam kemajuan Negeri ini.

“Generasi muda seringkali di kaitkan dengan Generasi rapuh atau yang sering di sebutkan generasi strawbery, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat mental generasi muda melemah, dengan adanya keresahan ini Dewan Pimpinan Cabang Mengangkat tema yaitu “Menumbuhkan Spirit Perjuangan Generasi Muda” dengan harapan generasi muda khususnya mahasiswa dapat menjadi generasi yang tangguh, kritis dan dapat berkontribusi dalam kemajuan Negeri ini," kata Matius.


Dewan Pendamping diwakilkan oleh Cindi Fantika banyak menyampaikan pengalamannya selama berPMKRI, dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada peserta MPAB I untuk tetap semangat mengikuti awal hingga akhir kegiatan  karena di PMKRI merupakan laboratorium teman- teman untuk berkreasi dan berekspresi dan mencari jati diri teman- teman. 


Dewan pertimbangan, Ibu Antonia Kupa menyampaikan semoga kegiatan MPAB I ini bisa berjalan lancar dan sukses, dalam tema angkat beliau berharap agar para peserta dapat menumbuhkan spiritual iman kekatolikan, yang dimana anak muda katolik masa depan bagi gereja dan tanah air.


Pastor Moderator PMKRI cabang Palangka Raya Alponsus Danang Menyampaikan hal paling menarik beberapa waktu yang lalu  kita baru saja kedatangan Paus Fransiskus, dengan tema yang diangkat pastor moderator berharap para generasi muda dapat melanjutkan perjuangan untuk mewartakan dan sikap berbela rasa, sikap peduli terhadap sesama, beliau pun menyampaikan “PMKRI lahir dari Rahim Gereja katolik  dan sangat  mendukung teman-teman peserta mengikuti kegiatan MPAB I ini”.

Penulis : 
Divisi Dokumentasi dan Publikasi (Yohanes Sukur A. Papung)


Previous Post
Next Post

0 comments: